Langsung ke konten utama

Apa Itu DHCP ?

 Apa itu DHCP ?

    DCHP adalah kepanjangan dari Dynamic  Host Configuration Protocol. DHCP adalah protocol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan local yang tidak menggunakan DCHP harus memberikan alamat IP kepada semua computer secara manual. Jika DCHP dipasang di jaringan local, maka semua computer yang  tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dan server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

    DHCP didefinisikan dalam RFC 2131 dan RFC 2132 yang dipublikasikan oleh Internet Engineering Task Force. DHCP merupakan ekstensi dari protocol Bootsrapt Protocol (BOOTP).

Cara Kerja DHCP 

    Karena DHCP merupakan sebuah protocol yang menggunakan arsitektur client/server maka dalam DHCP terdapat dua pihak yang terlibat, yakti DHCP Server dan DHCP Client.

-          DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat "menyewakan" alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa system operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 200 Server, Windows 2003 Server atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.

-          DHCP client merupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan DHCP Server. Sebagian besar system operasi klien jaringan (Windows NT Workstation, Windows 200 Profesional, Windows XP, Windows Vista atau GNU/Linux) memiliki perangkat lunak seperti ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN CISCO PACKET TRACER HINGGA SAAT INI

Tak kenal maka tak sayang, sama halnya untuk mencoba memepelajari suatu sejarah dari apa yang kita inginkan yakni Mengenal Sejarah Dan Perkembangan Cisco Packet TRacer Hingga Saat Ini. Nah untuk yang udah mengetahui atau memiliki ilmu dalam konfigurasi aplikasi cisco tentunya sudah sedikit mengenalnya tapi untuk yang belum mengetahui sama sekali apa itu aplikasi cisco packet tracer, berikut simak pembahasannnya …. Sebelum memulai menjalankan aplikasi cisco packet tracer teman – teman perlu mengetahui batas minimum penggunaan pc atau aplikasi ini dapat di install pada laptop kita dengan jenis spesifikasi seperti apa, berikut penjelasannya :  CPU: Intel Pentium 4, 2.53 GHz or equivalent  OS: Microsoft Windows 7, 8.1, 10, Ubuntu Linux 16.04 LTS (Ubuntu 12.04 or 14.04 LTS )  RAM: 2 GB  Storage: 1.4 GB of free disk space  Display resolution: 1024 x 768  Untuk mengoptimalkan kemampuan Cisco Packet Tracer 7.2 ketika dijalankan dapat menggunakan spesifikasi sebagai berikut

Cara Menggunakan Aplikasi Packet Tracer

Cara Menggunakan Aplikasi Packet Tracer Cara Menggunakan Aplikasi Packet Tracer |Phisicalhouse.blogspot.com – Cisco Packet Tracer adalah suatu software yang biasa digunakan untuk mempelajari bagaimana membangun suatu infrastruktur jaringan. Dengan menggunakannya kita dapat membayangkan secara jelas bagaimana hasil yang akan didapatkan sebelum membangun infrastruktur yang sebenarnya di dunia nyata. Gambar 1. Icon software Cisco Packet tracer Secara umum, software ini tidak begitu rumit untuk digunakan karena didalamnya terdapat berbagai icon dengan fungsi yang sama didunia nyata yang akan membantu kita dalam mendesain jaringan computer. Untuk mulai menggunakannya, double click PacketTracer70_64bit_setup ( sesuaikan dengan spesifikasi laptop anda 32 bit atau 64 bit) yang berada di suatu folder yang telah di copy. Gambar 2. Aplikasi cisco Packet tracer Click next to continue or cancel to exit setup Baca terlebih dahulu pemberitahuan mengenai software cisco packet

Pengertian Lince Of Code ( LOC )

A. Pengertian Line Of Code (LOC) Line Of Code (LOC) adalah suatu teknik pengukuran besar software dengan cara menghitung jumlah baris kode program yang ada. Metode LOC salah satu metode tradisional yang paling mudah dalam mengukur kualitas sebuah software. Dengan berkembangnya bahasa pemrograman Object-Oriented, dimana membuat suatu program yang terdiri dari berbagai object yang saling berinteraksi metode Line of Code jelas sulit untuk diterapkan LOC digunakan untuk membuktikan berapa banyak baris program yang ditulis oleh seorang programmer Berikut adalah beberapa contoh line of code :  Win 7 : 40 million  Win 8 : 50 – 60 million  Win 10 : 65 million  Log komputer pada OS Windows dapat memungkinkan untuk melihat berbagai pesan yang dihasilkan oleh komputer. Isi log dapat berupa pesan keamanan, pesan yang dihasilkan oleh proses boot atau error sistem. Pada system operasi windows, log pesan pada dasarnya tersimpan dalam setting konfigurasi dioperating system Windows. Temp atau Temporary